Pertemuan pertama ini dibagi
menjadi beberapa sesi. Sesi pertama adalah forum dengan narasumber Ketua
Panitia Penyelenggara PPAB MTI 2012, tes kepribadian, pembahasan dan
penandatanganan kotrak belajar, pengumuman perlengkapan standard dan terakhir
pembacaan tugas. Suasananya serius tapi santai. Pertemuan diawali dengan
forum mengenai tujuan kami, calon MTI, untuk menjadi bagian dari massa MTI,
oleh Ketua Panitia Penyelenggara PPAB MTI 2012. Bahwa tujuan sebenarnya dari
PPAB MTI ini adalah untuk membentuk karakter kami calon MTI, dan menyatukan
visi kami calon MTI dengan massa MTI supaya dalam perjalanannya selalu selaras.
Disinggung juga mengenai tujuan MTI sendiri, yaitu menciptakan sarjana yang
cakap, professional, menguasai ilmu-ilmu industri, bermoral, dan berpengabdian.
Setelah itu kami melakukan tes kepribadian yang terdiri dari 37 soal. Kami harus
memilih kata-kata yang sesuai dengan kepribadian kita.
Acara dilanjutkan dengan mobilisasi kami ke selasar GKU Barat dimana disana diadakan kontrak belajar antara kami, calon MTI, sebagai peserta PPAB MTI 2012 dengan massa MTI selaku panitia PPAB 2012. Berikut adalah isi dari kontrak belajar yang telah kami tandatangani
1. Peserta wajib datang tepat pada waktu pelaksanaan PPAB MTI 2012
2. Minimum kehadiran peserta setiap interaksi PPAB 2012 adalah 97% dihitung pada saat berkumpul
3. Memakai peralatan standard*(dijelaskan kemudian)
4. Wajib mengerjakan tugas dengan serius dan tepat waktu
5. Menjunjung tinggi etika
6. Wajib mendokumentasikan setiap elemen PPAB MTI 2012 baik dalam bentuk foto dan video
7. Wajib melaporkan penyakit yang diderita kepada panitia medik. Panitia tidak bertanggung jawab apabila ada hal diluar dugaan terjadi jika kami tidak melapor sebelumnya
8. Menjamin keamanan diri sendiri
9. Dilarang melakukan plagiarisme dalam bentuk apapun
10. Dilarang membawa rokok, merokok, minum-minuman keras, narkoba, dan NAPZA lainnya
11. Dilarang melalui sekretariat MTI
12. Pemberitahuan kumpul maksimal diberitahukan pada J-2
13. Jadwal harian PPAB MTI 2012 yaitu 07.30 - 16.00 setiap harinya
14. Jadwal malam PPAB MTI 2012 maksimal hingga pukul 02.00
15. Memberikan keterangan yang jelas jika hendak tidak mengikuti PPAB MTI 2012 yaitu karena alasan izin akademik dan izin keluarga diberitahukan pada panitia divisi litbang maksimal J-2 sebelum pelaksanaan
16. Adapun ijin sakit dan ijin khusus harus diberitahukan pada panitia divisi litbang maksimal J-2 sebelum pelaksanaan, disertai dengan surat dokter yang diberikan pada pertemuan interaksi berikutnya
17. Peserta yang melanggar harus siap dengan konsekuensi
Sesi selanjutnya adalah pembahasan perlengkapan standard yang harus dikenakan dan dibawa saat PPAB MTI 2012, sebagai berikut,
1. Sepatu kets
2. Celana Panjang sopan
3. Jaket ITB
4. Kaos pakaian yang sopan dan seragam satu angkatan
5. Rambut panjang melebihi bahu harap diikat
6. Tas ransel yang memadai untuk menampung seluruh perlengkapan PPAB MTI 2012
7. Alat minum 1,5 Liter dengan air untuk minum di dalamnya
8. Biskuit yang seragam satu angkatan
9. Alat ibadah
10. Makan siang dan minum
12. Buku Alat tulis
13. Ponco
14. Koran bekas minimal 2 lembar
15. Obat pribadi
16. Perlengkapan presentasi (kemeja dan dasi)
17. Name tag
18. Perlengkapan yang nyaman untuk olahraga
Setelah itu divisi litbang mengumumkan contact person bagi peserta yang akan izin tidak mengikuti PPAB MTI 2012, yaitu kepada saudara Ibrahim dengan teknis lewat telepon, tidak diperkenankan SMS
Sesi terakhir dari pra-interaksi ini yaitu pengumuman tugas. Tugas terbagi menjadi tugas individu dan kelompok, yaitu sebagai berikut.
Tugas Individu :
Tugas 1
- Membuat blog. Pada About me dituliskan nama, nim, disertai foto dan deskripsi singkat.
- Membuat arsip PPAB MTI 2012
- Deadline tugas hari Minggu, 29 Juli 2012, pukul 21.00
Tugas 2
- Membuat essay minimal 500 kata dan mempostkannya di blog
- Deadline tugas hari Selasa, 31 Juli 2012, pukul 21.00
Tugas 3
- Membuat SWOT dalam bentuk matriks, ditulis tangan di kertas A4, tiap poin dijelaskan dengan minimal1 kalimat
- Deadline tugas hari Selasa, 31 Juli 2012 saat interaksi pertama dimulai
Tugas 4
- Menuliskan Review Materi Pra-interaksi PPAB MTI 2012 di blog
- Deadline tugas hari Senin, 30 Juli 2012, pukul 00.00
Tugas 5
- Mengisi form database TI-MRI 2011 dan mengisi kelengkapan data agama, penyakit dan lain-lain
Tugas Kelompok :
Tugas 1
- Membuat Nametag yang berisi nama, nim, golongan darah, penyakit yang diderita, ukuran nama dan nim harus dua kali lebih besar daripada golongan darah dan penyakit. Kertas yang digunakan berwarna biru dengan tinta berwarna hitam. Di balik nametag tersebut merupakan puzzle yang bila disusun, menjadi peta tempat tinggal peserta PPAB MTI 2012. Tali namtag ke pinggang dan leher, harus waterproof(tahan air)
- Deadline tugas, interaksi pertama PPAB MTI 2012, Selasa, 31 Juli 2012.
Tugas 2
- Mengahafalkan nama dan nim satu angkatan, suatu saat ditest/ditanya
- Buku angkatan yang terdiri dari biodata seluruh peserta PPAB MTI 2012 dengan spesifikasi cover yang bertuliskan TI-MRI yang dianya dengan pita merah, dan border luar dianya pita kuning dan hitam. Terdiri dari kertas HVS A5 dengan 50 halaman. Cover harus waterproof.
- Deadline pengumpulan, Selasa, 31 Juli 2012 minimal sudah ada 20 biodata sesama peserta PPAB MTI 2012
Tugas 3
- Metode pemulangan peserta PPAB MTI 2012
- Deadline pengumpulan, Minggu, 29 Juli 2012 pukul 19.00
Tugas 4
- Foto Keluarga, yakni foto seluruh peserta PPAB MTI 2012
- Deadline pengumpulan, Minggu, 29 Juli 2012 pukul 20.00
Acara dilanjutkan dengan mobilisasi kami ke selasar GKU Barat dimana disana diadakan kontrak belajar antara kami, calon MTI, sebagai peserta PPAB MTI 2012 dengan massa MTI selaku panitia PPAB 2012. Berikut adalah isi dari kontrak belajar yang telah kami tandatangani
1. Peserta wajib datang tepat pada waktu pelaksanaan PPAB MTI 2012
2. Minimum kehadiran peserta setiap interaksi PPAB 2012 adalah 97% dihitung pada saat berkumpul
3. Memakai peralatan standard*(dijelaskan kemudian)
4. Wajib mengerjakan tugas dengan serius dan tepat waktu
5. Menjunjung tinggi etika
6. Wajib mendokumentasikan setiap elemen PPAB MTI 2012 baik dalam bentuk foto dan video
7. Wajib melaporkan penyakit yang diderita kepada panitia medik. Panitia tidak bertanggung jawab apabila ada hal diluar dugaan terjadi jika kami tidak melapor sebelumnya
8. Menjamin keamanan diri sendiri
9. Dilarang melakukan plagiarisme dalam bentuk apapun
10. Dilarang membawa rokok, merokok, minum-minuman keras, narkoba, dan NAPZA lainnya
11. Dilarang melalui sekretariat MTI
12. Pemberitahuan kumpul maksimal diberitahukan pada J-2
13. Jadwal harian PPAB MTI 2012 yaitu 07.30 - 16.00 setiap harinya
14. Jadwal malam PPAB MTI 2012 maksimal hingga pukul 02.00
15. Memberikan keterangan yang jelas jika hendak tidak mengikuti PPAB MTI 2012 yaitu karena alasan izin akademik dan izin keluarga diberitahukan pada panitia divisi litbang maksimal J-2 sebelum pelaksanaan
16. Adapun ijin sakit dan ijin khusus harus diberitahukan pada panitia divisi litbang maksimal J-2 sebelum pelaksanaan, disertai dengan surat dokter yang diberikan pada pertemuan interaksi berikutnya
17. Peserta yang melanggar harus siap dengan konsekuensi
Sesi selanjutnya adalah pembahasan perlengkapan standard yang harus dikenakan dan dibawa saat PPAB MTI 2012, sebagai berikut,
1. Sepatu kets
2. Celana Panjang sopan
3. Jaket ITB
4. Kaos pakaian yang sopan dan seragam satu angkatan
5. Rambut panjang melebihi bahu harap diikat
6. Tas ransel yang memadai untuk menampung seluruh perlengkapan PPAB MTI 2012
7. Alat minum 1,5 Liter dengan air untuk minum di dalamnya
8. Biskuit yang seragam satu angkatan
9. Alat ibadah
10. Makan siang dan minum
12. Buku Alat tulis
13. Ponco
14. Koran bekas minimal 2 lembar
15. Obat pribadi
16. Perlengkapan presentasi (kemeja dan dasi)
17. Name tag
18. Perlengkapan yang nyaman untuk olahraga
Setelah itu divisi litbang mengumumkan contact person bagi peserta yang akan izin tidak mengikuti PPAB MTI 2012, yaitu kepada saudara Ibrahim dengan teknis lewat telepon, tidak diperkenankan SMS
Sesi terakhir dari pra-interaksi ini yaitu pengumuman tugas. Tugas terbagi menjadi tugas individu dan kelompok, yaitu sebagai berikut.
Tugas Individu :
Tugas 1
- Membuat blog. Pada About me dituliskan nama, nim, disertai foto dan deskripsi singkat.
- Membuat arsip PPAB MTI 2012
- Deadline tugas hari Minggu, 29 Juli 2012, pukul 21.00
Tugas 2
- Membuat essay minimal 500 kata dan mempostkannya di blog
- Deadline tugas hari Selasa, 31 Juli 2012, pukul 21.00
Tugas 3
- Membuat SWOT dalam bentuk matriks, ditulis tangan di kertas A4, tiap poin dijelaskan dengan minimal1 kalimat
- Deadline tugas hari Selasa, 31 Juli 2012 saat interaksi pertama dimulai
Tugas 4
- Menuliskan Review Materi Pra-interaksi PPAB MTI 2012 di blog
- Deadline tugas hari Senin, 30 Juli 2012, pukul 00.00
Tugas 5
- Mengisi form database TI-MRI 2011 dan mengisi kelengkapan data agama, penyakit dan lain-lain
Tugas Kelompok :
Tugas 1
- Membuat Nametag yang berisi nama, nim, golongan darah, penyakit yang diderita, ukuran nama dan nim harus dua kali lebih besar daripada golongan darah dan penyakit. Kertas yang digunakan berwarna biru dengan tinta berwarna hitam. Di balik nametag tersebut merupakan puzzle yang bila disusun, menjadi peta tempat tinggal peserta PPAB MTI 2012. Tali namtag ke pinggang dan leher, harus waterproof(tahan air)
- Deadline tugas, interaksi pertama PPAB MTI 2012, Selasa, 31 Juli 2012.
Tugas 2
- Mengahafalkan nama dan nim satu angkatan, suatu saat ditest/ditanya
- Buku angkatan yang terdiri dari biodata seluruh peserta PPAB MTI 2012 dengan spesifikasi cover yang bertuliskan TI-MRI yang dianya dengan pita merah, dan border luar dianya pita kuning dan hitam. Terdiri dari kertas HVS A5 dengan 50 halaman. Cover harus waterproof.
- Deadline pengumpulan, Selasa, 31 Juli 2012 minimal sudah ada 20 biodata sesama peserta PPAB MTI 2012
Tugas 3
- Metode pemulangan peserta PPAB MTI 2012
- Deadline pengumpulan, Minggu, 29 Juli 2012 pukul 19.00
Tugas 4
- Foto Keluarga, yakni foto seluruh peserta PPAB MTI 2012
- Deadline pengumpulan, Minggu, 29 Juli 2012 pukul 20.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar